Sabtu, 02 Februari 2019

Internet-based Voting dalam Pemilihan Ketua OSIS


      Pergantian pengurus OSIS merupakan agenda rutin yang dilaksanakan SMA Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto. Ajang pemilihan ini diawali dengan pembentukan KPO (Komisi Pemilihan OSIS) yang dibentuk oleh beberapa perwakilan independen dari setiap kelas. Setelah calon ketua dan wakilnya terseleksi, diadakan sosialisasi atau kampanye yang diselenggarakan secara terbuka dan dihadiri oleh seluruh warga sekolah. Seminggu kemudian, tepatnya di hari Senin, 20 Agustus 2018, penyelenggaraan hajat besar yaitu pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS SMA Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto angkatan ke-empat di helat dengan penuh sederhana namun mengena.
      Ada hal yang berbeda dengan pelaksanaan pemilihan kali ini. Adalah voting yang dilakukan tidak lagi menggunakan alat tusuk berupa paku atau spidol untuk mencontreng gambar pasangan calon, akan tetapi pemilihan tahun ini menggunakan internet-based voting (IBV). KPO telah mencoba berinovasi dengan menggunakan IT yaitu dengan pemanfaatan google form untuk pemilihan kali ini. Pertimbangan KPO untuk menggunakan Internet-based Voting ini selain untuk pembelajaran siswa dengan pemanfaatan teknologi komunikasi, juga bisa menghemat waktu cukup banyak. Kalau secara konvensional, pemilihan dengan mencontreng atau mencoblos, dibutuhkan banyak tenaga dan biaya untuk persiapan pembuatan surat suara dan perlengkapannya juga proses perhitungan suara yang memakan waktu cukup lama. Dengan google form ini hanya dibutuhkan beberapa laptop sesuai jumlah bilik yang disediakan dan tidak memerlukan waktu untuk menghitung surat suara karena sistem sudah secara otomatis menghitung begitu selesai voting. Jumlah dan prosentase suara bisa langsung ditampilkan grafiknya tanpa ada proses perhitungan suara.
      Para guru cukup berbangga terhadap kreativtas para siswa yang telah mampu memanfaatkan IT dalam proses pembelajaran berorganisasi di sekolah.
Previous Post
Next Post

An English teacher of SMA Puhua Purwokerto who wants to share every moment in life.

0 comments: