Sabtu, 02 Februari 2019

12 dari 39 Siswa Lulusan SMA Nasional Tiga Bahasa Putera Harapan Purwokerto Lanjut Kuliah di Tiongkok

      Merupakan hal yang menggembirakan bagi SMA Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto, dari 39 siswa lulusan angkatan pertamanya, 12 diantaranya mendapatkan beasiswa untuk Kuliah di perguruan tinggi di Tiongkok. 
Enam siswa diterima di Hebei University dengan berbagai jurusan sesuai pilihannya. Ada Kedokteran, Farmasi, Bisnis, Komumikasi, dan Pendidikan Bahasa Mandarin. Mereka semua mendapatkan beasiswa. Ada beasiswa penuh hingga Lulus (untuk Pendidikan Bahasa Mandarin). Ada juga beasiswa 4 tahun. Empat siswa diterima dengan beasiswa juga di Jinan University. Tiga diantaranya mendapatkan beasiswa penuh. Dua siswa lain diterima juga di Cheng Chou University.
       Ke-duabelas siswa tersebut tengah melakukan berbagai persiapan untuk menuntut ilmu ke negri China saat ini. Selama belajar di SMA Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto, mereka sudah dibekali berbagai pengetahuan, wawasan, dan Pendidikan karakter sesuai dengan tujuan Kurikulum Nasional.  Mereka juga telah dipupuk dengan kekuatan toleransi antar umat yang cukup.Keberagaman di SMA ini baik agama maupun etnik yang merupakan ciri khas sekolah tersebut yang menerima semua siswa dari berbagai agama dan suku sehingga kebersamaan dalam perbedaan sudah tertanam sangat kuat. Sebagai bekal hidup dan menuntut ilmu di Tiongkok tentunya mereka juga telah dipersiapka dengan kemampuan Bahasa Mandarin yang cukup. Selain Bahasa Mandarin sebagai mata pelajaran yang diberi porsi JP cukup banyak setiap minggunya, siswa juga diwajibkan ikut Tes Bahasa Mandarin yang diakui International yaitu Tes HSK ( kalau Bahasa Inggris TOEFL). 
      Selain 12 siswa yang lanjut di luar negeri, siswa lain juga telah diterima di berbagai universitas ternama di dalam negeri baik swasta maupun negeri. Diantaranya UNSOED, Binus University, Prasetya Mulya, Untar, Atmajaya, Maranatha, dan Telkom Bandung.
      Mudah-mudahan semua bekal yang sudah diperoleh selama mengenyam pendidikan di SMA Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto mereka dapat mampu bersaing dalam prestasi di Tiongkok dan tetap dapat berbudi luhur dan mengembangkan sikap toleransi dan tetap berbudaya Indonesia. Begitu pula yang akan lanjut di universitas dalam negeri. Tetap menjunjung tinggi kebersamaan dalam perbedaan.
Previous Post
Next Post

An English teacher of SMA Puhua Purwokerto who wants to share every moment in life.

0 comments: