Senin, 18 Oktober 2021

REFLEKSI QUARTER 1

 REFLEKSI QUARTER 1 


Untuk mengawali refleksi ini saya sedikit akan mengutip kata-kata bijak dari George Bernard Shaw bahwa "Kemajuan tidak mungkin dicapai tanpa perubahan, dan mereka yang tidak dapat berubah pikiran tidak dapat mengubah apa pun." Demikian kalimat bijak ini cukup menarik dan saya mencoba untuk dapat mencermati makna kalimat tersebut bahwa kunci sebuah perubahan terjadi pada pikiran kita. Maka untuk memulai sebuah perubahan untuk sebuah tujuan kemajuan pada bidang apapun akan dibutuhkan perubahan pada pikiran kita.

Dalam perjalanannya, Puhua School yang sedang menapak pada sebuah perubahan dari sekolah nasional menjadi sekolah SPK, telah mengalami banyak sekali perubahan baik perubahan fisik sarana prasarana maupun kurikulum dan juga sumber daya manusianya. Hal ini saya rasakan dari sejak masa persiapan hingga pelaksanaan proses kegiatan pembelajaran pada quarter 1 tahun pelajaran 2021-2022 ini. 

Beberapa perubahan yang paling dirasakan saya sebagai guru adalah bahwa khususnya dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai guru yaitu mendidik dan mengajar, kali ini terasa sekali bahwa saya selalu memikirkan untuk membuat pembelajaran menjadi diminati dan disukai siswa. Hal ini artinya saya banyak menghabiskan waktu untuk mencari metode yang tepat dan menggunakan beragam aktivitas yang memancing siswa untuk aktif belajar. Banyak tantangan buat saya baik sebagai guru jaman sekarang pada umumnya maupun tantangan sebagai guru di sekolah ini yang merupakan sekolah yang berkomitmen memberi pelayanan yang terbaik, berbeda, dan memiliki tujuan sesuai Visi dan Misi sekolah. 

Selain itu, sebagai guru saya merasa telah banyak perubahan yang saya alami yaitu menjadi seseorang yang selalu ingin tahu tentang perkembangan teknologi khususnya teknologi yang membantu dalam proses pembelajaran dan pendidikan. Di sini saya selalu mencari tahu dan berusaha mengulik aplikasi yang sesuai untuk pembelajaran, baik untuk menyiapkan materi maupun untuk icebreaking. Aplikasi yang sudah saya pelajari dan terapkan diantaranya adalah: Wordwall, Nearpod, Quizezz, Mentimeter, Sli.do, Blooket, Padlet, flipgrid, Kaizena (for feedback), Canva, KineMaster, Animaker, Spark adobe, dan Video Pad. Masih banyak lagi aplikasi yang belum saya pelajari dan explor lebih dalam. Dengan berbekal aplikasi yang dikuasai tersebut, saya merasa sangat terbantu untuk membuat variasi kelas dalm pembelajaran. 

Perubahan status sekolah dari sekolah nasional menjadi SPK juga banyak berdampak bagi proses pembelajaran secara menyeluruh. Saya merasakan bahwa proses pembelajaran sekarang sangat berbeda dengan dulu. Perubahan yang saya rasakan dalam proses pembelajaran di kelas yaitu siswa selalu diajak untuk aktif membaca 10 menit pada period pertama dan membuat refleksi pada period terakhir. Hal ini merupakan usaha yang nyata untuk mengajak anak untuk terus membaca dan menulis.

Perubahan lain yang saya rasakan yaitu kita selalu ditantang untuk aktif dan kreatif serta innovative. Untuk itu sekolah selalu menawarkan berbagai lomba seperti menulis, membuat video pembelajaran dan lain-lain serta mengembangakan kemampuan pribadi maupun profesional yang mendukung pekerjaan dan karir. Beberapa kali mengikuti Seminar/Webinar untuk peningkatan kualitas guru telah diikuti dengan senang hati. Walaupun masih banyak even yang terlewat karena waktunya tidak sesuai. Selain pengembangan pribadi yang sering diikuti juga kita selalu dibiasakan untuk memberikan masukan, evaluasi, dan refleksi untuk setiap kegiatan yang dilakukan. Hal ini sangat bermanfaat bagi guru kareana kita selalu belajar berfikir kritis dan analitis. 

#ayosugiryo.blogspot.com





Previous Post
Next Post

An English teacher of SMA Puhua Purwokerto who wants to share every moment in life.

4 komentar:

  1. Terima kasih telah berbagi cerita Pak Sugiryo.

    Senang sekali Bapak bisa beradaptasi dengan perubahan yang ada dan terus belajar untuk menjadi guru yang lebih baik yaitu tidak hanya mengajar tapi juga mendidik. Bapak juga tidak disadari telah menaklukan berbagai tantangan seperti untuk bisa memberi pelajaran agar siswa aktif sehingga Bapak dituntut untuk lebih kreatif dan innovatif.

    Keep learning and Keep writing!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak Bu Capri atas tanggapan dan masukannya. Luar biasa.

      Hapus
  2. Mr G, terima kasih sudah berbagi pengalaman yang dialami.
    Sangat senang bahwa Mr G bisa menemukan jalan sendiri untuk bisa terus berubah.
    Diawali dari keterbukaan pikiran, hingga akhirnya ada banyak hal didapatkan.
    Mantap.
    Saya sampaikan pula, rasa syukur dan terima kasih, telah menjadi rekan yang spesial.
    Tetap belajar dan tetap semangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you Mr.David atas tanggapan dan supportnya. Mantap!

      Hapus