Kamis, 03 Juni 2021

Banyak Hal Terjadi setelah Gabung AISEI Writing Club - Part 1

 Teman Baruku, Mentorku

Teman-teman guru blogger yang selalu luar biasa. Ijinkan saya untuk berbagi rasa setelah kurang lebih satu bulan bergabung di AISEI Writing Club, khususnya di WAG. Waktu itu 24 April 2021, beberapa hari setelah kita memperingati hari lahir RA. Kartini di tahun ini, saya bergabung di WAG AISEI Writing Club2. 

Tentunya bukan tanpa sebab dan tiba-tiba saja saya berada di group AISEI Writing Club ini. Berawal dari ajakan di WA group guru sekolah saya yang dishare kepala sekolah kami, Mr.David Ludiranto. Sebenarnya saya sering juga mendapat invitation untuk mengikuti grup menulis sebelumnya, tetapi saya belum memberanikan diri untuk ikut, tentunya karena berbagai alasan yang menjadi pertimbangan untuk menunda dan memutuskan untuk tidak gabung.

Saya merasakan sebuah perbedaan di AISEI ini, sehingga saya merasa ingin segera bergabung. Hal ini tentunya karena saya pernah mendengar nama AISEI yang disampaikan dalam acara Professional Development yang diselenggarakan sekolah. Saya tergerak untuk bergabung dan ingin segera menggerakan kembali jari-jemari tangan saya untuk merangkai kalimat yang dulu pernah saya gerakan hingga menerbitkan buku. Sudah cukup lama, hampir 3 tahun saya vakum tidak menulis. Tentunya alasan klasik, seperti sibuk dan malas yang sebenarnya itu bukan alasan yang mendasar. Mungkin saya butuh dirangsang dan dimotivasi oleh sebuah tantangan sehingga keinginan menulis bisa muncul kembali.

Setelah berada di WAG AISEI, saya mencoba mengamati aktifitas apa yang ada di dalam grup itu. Saya melihat beberapa anggota grup mebagikan link blog masing-masing dan saya mencoba membuka dan menelusuri tulisan-tulisan mereka. Banyak sekali ragamnya dan tulisannya sudah sangat bagus. Ada yang menuliskan kisah pribadinya, kegiatan sehari-hari di sekolahnya, ada yang sekedar sharing apa saja. Sungguh luar biasa para anggota AISEI Writing Club ini, saya pikir. Seperti biasa, ada rasa minder dan hati-hati saya untuk melangkah.  Namun ada hal menarik yang saya coba amati, ternyata ada tantangan menulis yang sedang berjalan di bulan April dengan tema menulis wanita dan keberhasilannya. Serasa ingin mengikuti challenge itu tapi saya belum berani. Lalu tanggal 27 April malam, saya mencoba memberanikan diri untuk memperkenalkan diri di grup dan mendapatkan tanggapan dari beberapa anggota AISEI atau mungkin tim AISEI saya tidak begitu mengerti.


Paginya, 28 April sekitar pukul 11, sesuatu tak terduga terjadi. Saya mendapatkan pesan WA dari Pak Toad Isbani dan saya tahu nama ini ada di grup WA tersebut. Beliau menawarkan bantuan tentang menulis di Grup Writing Club ini dan dengan kerendahan hatinya mengajak saya untuk ikut challenge April tersebut. Menurutnya, kita ada tantangan menulis di setiap tanggal ganjil dan selasa depan akan diundi. Sementara bulan April sudah mau habis, Pak Toad mendorong saya untuk menulis untuk tantangan tanggl 27 dan 29 sekaligus. Dua artikel dalam 2 hari harus selesai. Saya pun nekad untuk ambil tantangan ini.

Kembali ke Pak Toad, betapa saya seolah mendapat kawan bermain setelah beberapa hari gabung di AISEI dan saya seperti tidak tahu mau ngapain. Lalu, Pak Toad memang benar-benar saya ajak bermain. Pak Toad menawarkan bantuan untuk sekedar sharing ngeblog. Setelah agak lama mengobrol, langsung saja saya tembak Pak Toad dengan berbagai pertanyaan seputar tampilan blog. Saya memang sudah agak lama kepo dengan tampilan blogspot saya yang monoton. Karena saya melihat tampilan blogspot Pak Toad dan beberapa blogger lain juga lebih menarik, ada menu-menu yang ngelink ke postingan. Dalam hati, saya ingin sekali membuat tampilan blog yang seperti itu, dan tanpa malu-malu saya tanyakan semua ke Pak Toad, teman bermain sekaligus mentor saya di AISEI. 

Dan alhamdulillah, Pak Toad memang orang yang sangat rendah hati, suka membantu, dan suka berbagi ilmu. Beliau menjelaskan tentang tampilan blog yang bermenu-menu dan ngelink tersebut, ternyata bukan berbayar seperti yang saya duga sebelumnya. Pak Toad menceritakan pengalamannya bahwa beliau menggunakan blogspot sederhana seadanya dengan thema yg disediakan dan terbatas sejak 2010 sampai sekitar 2015 an, terus mulai mengambil template dan mencari di google template blogspot gratis dengan mengkopikan skripnya ke html blogspot. Tetapi katanya masih monoton dari tamplate saja, lalu sejak 2019 akhir beliau sedikit merubah tampilan dari template dan menyempurnakan sesuai keinginan dengan membaca-baca tutorial di google juga dan mengimplementasikannya. Mendengar penjelasan ini, saya langsung berfikir untuk mengikuti jejak Pak Toad, mencari template blogspot di internet, mendownload dan mencoba baca-baca tutorial juga. Yang paling menarik adalah bahasa html atau coding yang sering saya dengar tetapi tidak mengerti sama sekali istilahnya apalagi penggunaannya.

Banyak hal baru dan menarik dari mempelajari template yang sudah saya download ini. Sedikitnya, saya harus nguprek template beserta tutorial yang agak rumit tentang html dan bagaimana cara switch html yang ada di template blog bawaan dan template baru yang lebih kece itu. Semua permasalahan saya adukan ke Pak Toad dan kadang ke youtube tutorial. Dan akhirnya, tampilan blog saya sudah banyak perubahan setelah mendapat bimbingan yang luar biasa dari Pak Toad dan dari Youtube tutorial. Saya yang tadinya kepo untuk membuat menu di blogspot, sekarang walaupun masih sangat minim pengetahuan saya, setidaknya saya sudah bisa merubah nama menu dan membuat link ke postingan blog saya dan tampilan blogspot saya sekarang sudah banyak perubahan dan saya masih akan terus belajar untuk banyak hal.

Masih ada banyak hal yang terjadi setelah gabung AISEI Writing Club ini yang belum sempat saya ceritakan yang lebih seru dan mendorong semangat saya untuk menulis.

Terimakasih AISEI. Terimakasih Pak Toad Isbani. Terimakasih teman-teman guru penulis semua, para mentor dan para pakar menulis yang ada di AISEI Writing Club ini. Kalian semua menjadi inspirator saya. Semoga teman-teman semua berkenan membaca tulisan ini dan bersedia membaca lanjutannya di Banyak Hal Terjadi setelah Gabung AISEI Writing Club2-Part 2.

(Bersambung)



Previous Post
Next Post

An English teacher of SMA Puhua Purwokerto who wants to share every moment in life.

9 komentar:

  1. Alhamdulikah pak... Selamat atas keberhadilanya menguprek tampilan blog, hehe saya pingin juga oak.. Hnya blm berani ini... Hrs mluangkn bnyk waktu ya.. Aku belum siap.. Benar pak bergabung di Aisei banyak hal yang kita dapati yang jelas kita tak akan rugi masuk Aisei... Tetap semangat dan terus berkarya pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Ibu, sudah berkunjung dan membaca blog saya.

      Hapus
  2. Pak Ayo. Kita semua Saudara dan saya hanya berbagi. Ilmu akan abadi ketika dibagi-bagi. Lanjutkan pak Ayo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Banyak saudara yang saling memotivasi di sini.

      Hapus
  3. Betul sekali pak Ayo sy merasakan, gabung di AISEI itu sangat bermanfaat dan saling men-support. Banyak hal positif untuk mengembangkan potensi diri kita. Tetap semangat pak dan mari sama2 menikmati perjalanan menuju sukses bersama.

    BalasHapus
  4. Sangat menarik,merangsang siapa saja yg belum gabung jadi penasaran. Mencerahkan!

    BalasHapus